Kuliah Tamu Metabolit Sekunder dari Biota Laut

Kuliah tamu merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh kampus STIKES Borneo Lestari demi menambah wawasan ilmu yang lebih luas serta memberikan suasana baru bagi mahasiswa dalam perkuliahan, dengan didatangkannya pemateri dari luar kampus. Dengan dilaksanakannya kuliah tamu ini mahasiswa memiliki pandangan yang lebih luas terhadap matakuliah terkait, sehingga tidak terpaku pada satu titik saja.

Kuliah tamu yang diadakan tahun ini bertajuk “Metabolit Sekunder dari Biota Laut”. Pemilihan judul kuliah tamu ini tidaklah sembarangan, namun disesuaikan dengan kebutuhan oleh mahasiswa itu sendiri. Alasan pemilihan judul tersebut untuk membuka wawasan mahahsiswa tentang metabolit-metabolit sekunder di daerah yang lebih luas yaitu laut, sehingga dengan adanya kuliah tamu ini, mahasiswa dapat gambaran yang lebih luas lagi tentang matakuliah terkait seperti Biologi Farmasi. Selain itu juga pihak kampus berkaca pada geografis Indonesia yang umumnya lebih luas lautan dibanding daratan sehingga hal tersebut setidaknya mahasiswa dapat mengenal dasarnya terlebih dahulu. Narasumber kuliah tamu kali ini disampaikan oleh Pinus Yumariatno, M.Si., Ph.D., Apt. yang merupakan seorang dosen lulusan S3 dari UII (Universitas Islam Indonesia) yang sangat mendalami tentang Biota Laut.

Tanggapan dari mahasiswa sendiri terkait diadakannya kuliah tamu ini sangat antusias. Karena menurut mereka dengan diadakan kuliah tamu ini dapat menambah wawasan yang lebih luas dalam melihat peluang-peluang penelitian, dan juga berfikiran lebih terbuka untuk memanfaatkan sumber daya alam tidak hanya di daratan tapi juga di laut. (FZA)

“Belajarlah dari segala sesuatu yang telah disiapkan Tuhan, dan jangan hanya memandang salah satu sisinya saja, karena mungkin itu akan lebih berharga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *