Pengabdian Masyarakat dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Mengetahui banyaknya sumber daya alam di Indonesia yang masih perlu dimanfaatkan dengan maksimal serta melihat adanya peluang dengan nilai jual cukup tinggi yang didapatkan dari sumber daya alam tersebut menjadi salah satu yang melatarbelakangi STIKES Borneo Lestari melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Pengabdian masyarakat seperti ini sudah menjadi agenda rutin bagi dosen maupun mahasiswa STIKES Borneo Lestari untuk terjun langsung memberikan edukasi kepada masyarakat terkait tentang beberapa hal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Mengangkat tema “Pemanfaatan Biji Cimpedak Sebagai Bahan Pangan Dan Pembudidayaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Kepada Masyarakat Desa Beruntung Jaya” kegiatan yang diawali dengan pemberian materi tentang manfaat dari biji cimpedak dan diselingi dengan pemberian informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan tanaman TOGA dan terakhir praktek pembuatan produk dari biji cimpedak berupa susu biji cimpedak dan stik dari biji cimpedak yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi.

Biji cimpedak merupakan salah satu sumber daya dari alam yang sering tidak dimanafaatkan secara maksimal dan bahkan cenderung dibuang dan tidak digunakan begitu saja. Namun sebenarnya biji cimpedak mengandung nutrisi yang cukup baik bagi tubuh. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat diberitahu bagaiman cara mengolah biji cimpedak menjadi produk yang mempunyai nilai jual cukup tinggi pasaran. Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat menambah pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan biji cimpedak menjadi peluang usaha yang menguntungkan. (SIA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *