Kemahasiswaan

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Borneo Lestari yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan, dituntut mempersiapkan diri menghadapi era baru yang mengedepankan pentingnya manajemen organisasi dan komunikasi dalam dunia global. Organisasi kemahasiswaan memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian, karakter, watak yang berwawasan luas sebagai penyiapan tenaga professional dalam bidangnya.

STIKES Borneo Lestari melaksanakan dua jenis kegiatan kemahasiswaan, yaitu :

  1. Kegiatan Kurikuler
    Kegiatan kurikuler adalah kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan dalam proses pembelajaran, baik didalam maupun diluar kampus.
  2. Kegiatan Ekstrakurikuler
    Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kemahasiswaan diluar kegiatan akademik, yang meliputi pengembangan penalaran dan keahlian, minat, bakat dan kegemaran, pengabdian pada masyarakat, pengembangan organisasi kemahasiswaan yang dapat dilakukan didalam maupun diluar kampus.

Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah pengembangan diri mahasiswa yang diharapkan dapat menampung kebutuhan, menyalurkan minat dan kegemaran, meningkatkan kesejahteraan dan sekaligus menjadi sarana peningkatan penalaran dan keilmuan serta arah profesi mahasiswa. Organisasi kemahasiswaan yang ada di STIKES Borneo Lestari yaitu :

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
    BEM adalah Badan Eksekutif tertinggi sebagai mandataris MPM. Ketua mahasiswa dipilih melalui pemilu raya (PEMIRA) STIKES Borneo Lestari yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari secara LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) dan JURDIL (Jujur dan Adil).
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
    Unit  Kegiatan  Mahasiswa  (UKM)  adalah  wadah  kegiatan  dan kreasi mahasiswa dalam satu bidang peminatan ditingkat STIKES Borneo Lestari, UKM berkedudukan dibawah pengawasan lembaga eksekutif   ditingkat STIKES Borneo Lestari yaitu BEM, UKM berkedudukan dibawah garis komando koordinasi BEM. UKM berkedudukan sebagai lembaga mahasiswa pelaksana kegiatan-kegiatan mahasiswa ditingkat STIKES Borneo Lestari. Unit Kegiatan Mahasiswa Borneo Lestari terdiri dari 3 bidang yaitu :

    • Bidang Olah Raga (Futsal, Voli, Badminton, Basket)
    • Bidang Kesenian (Tari, Teater, Paduan Suara)
    • Bidang Khusus (English Club dan PCC)
  3. Himpunan Mahasiswa (HIMA)
    Himpunan Mahasiswa (HIMA) adalah Badan Eksekutif tingkat jurusan di lingkungan STIKES Borneo Lestari. Ketua HIMA dipilih melalui pemilu raya (PEMIRA) STIKES Borneo Lestari yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari secara LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) dan JURDIL (Jujur dan Adil).