Mahasiswa D-III Farmasi Stikes Borneo Lestari Siap Jalani PKL Rumah Sakit

Berita
Pelaksanaan Pembekalan PKL Rumah Sakit

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) merupakan kegiatan mahasiswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian peningkatan perekonomian dan kehidupan yang makmur. Hal tersebutlah yang menjadi  alasan pelaksanaan PKL bagi mahasiswa D3 Farmasi STIKES Borneo Lestari.

PKL ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin. Menurut Helmina Wati, M.Sc., Apt selaku Kepala program studi D3 Farmasi menjelaskan bahwa alasan dalam pemilihan RSUD Ulin Banjarmasin sebagai tempat PKL mahasiswa STIKES Borneo Lestari  dikarenakan adanya rujukan dari pemerintah Kalimantan Selatan, selain itu RSUD Ulin juga merupakan Rumah sakit pendidikan tipe A di Kalimantan Selatan.

Sebelum dilakukannya PKL, mahasiswa diberikan pembekalan terlebih dahulu dari pihak RSUD Ulin, dengan harapan dapat membantu mahasiswa selama masa PKL yang akan dilaksanakan selama satu bulan penuh yaitu pada bulan Maret 2018.

Pembekalan yang dilakukan pada tanggal 15 Februari 2018 ini dilakukan dengan adanya penyampaian materi seperti K3, PPI (pencegahan dan pengendalian infeksi), kode etika, mutu dan pelayanan keselamatan pasien, komunikasi, dan RJP (resusitasi jantung paru) di RS Ulin. PKL ini sendiri tidak hanya dilakukan di apotek RSUD Ulin saja, namun juga di berbagai tempat yang berhubungan erat dengan farmasi seperti gudang pengadaan obat RSUD Ulin.

PKL ini diharapkan dapat memperkenalkan mahasiswa pada dunia kerja, menumbuhkan dan meningkatkan sikap profosional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap mahasiswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, meluaskan wawasan dan pandangan mahasiswa terhadap dunia kerja.

Sari Ajrina selaku mahasiswi STIKES Borneo Lestari  yang akan melaksanakan PKL pun berharap dengan adanya PKL ini semoga dapat memberikan pembelajaran serta meningkatkan skil yang lebih dibidang farmasi agar dapat dimanfaatkan saat terjun ke masyarakat. Begitu pula harapan dari pihak kampus STIKES Borneo Lestari dengan adanya PKL ini mahasiswa dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal sehingga lebih siap dalam menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.