Pembekalan PKL Apotek dan Rumah Sakit STIKES Borneo Lestari

Berita Event

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Borneo Lestari- Banjarbaru (24/02), bertempat di aula STIKES Borneo Lestari telah diselenggarakan pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Apotek dan Rumah Sakit. Event ini diperuntukkan bagi mahasiswa Semester V Program Studi D3 Farmasi. Event yang merupakan hasil kerja sama Program Studi dan pihak akademik ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun ke masing-masing tempat PKL. PKL ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh para mahasiswa D3 STIKES Borneo Lestari. Kedepannya, PKL akan menjadi agenda rutin sebagaimana satuan pendidikan yang berbasis vokasi lainnya.

Para mahasiswa DIII STIKES BORLES akan melakukan PKL Apotek di beberapa Kimia Farma Apotek Cabang Banjarbaru dan Martapura serta Apotek dan Klinik Jelita Banjarmasin. Sedangkan PKL Rumah Sakit, seluruh mahasiswa akan melaksanakannya di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin yang notabene Rumah Sakit Tipe B Pendidikan di Kalimantan Selatan.

Ketua STIKES Borneo Lestari, Ibu Sari Wahyunita, S.Farm., Apt. sebagaimana disampaikan diawal pembukaan acara berharap mahasiswa dapat mengambil ilmu dan pengalaman  berharga di masing-masing tempat PKL nantinya. Dilanjutkan Ketua Pelaksana PKL mahasiswa D3 STIKES Borneo Lestari, Ibu Helmina Wati, M.Sc., Apt.  yang menyampaikan beberapa hal teknis seputar pelaksanaan PKL. Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan serah terima secara simbolis mahasiswa PKL oleh Ketua STIKES Borneo Lestari kepada pihak Kimia Farma Apotek,  Muslim, S.Si., Apt. selaku Bisnis Manager KFA UB Banjarbaru didampingi Ibu Novia Valentina, S.Farm., Apt. selaku Pharmacy Manager KF 431 Mistar Banjarbaru.

Acara puncak pembekalan PKL ini dibagi dalam dua sesi. Pertama, sesi penyampaian materi apotek yang disampaikan oleh Bapak Galih Kurnianto, S.Farm., Apt selaku Pharmacy Manager KF 179 Martapura. Selain memperkenalkan Kimia Farma Apotek, beliau menyampaikan materi seputar pengelolaan apotek. Dalam kesempatan ini, beliau juga menyatakan bahwasanya pihak Kimia Farma Apotek memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu. Dengan demikian, harapannya para mahasiswa akan mendapatkan gambaran langsung praktek ilmu kefarmasian seputar apotek di lapangan.

Kedua, sesi penyampaian materi Rumah Sakit yang disampaikan oleh Ibu Nurul Mardiati, M.Sc., Apt. selaku dosen di STIKES BORLES. Dosen yang telah menunjukkan minat besarnya terhadap bidang Manajemen Farmasi khususnya Rumah Sakit sejak menempuh pendidikan S1 ini menyampaikan materi seputar drug management cycle meliputi selection, procurement, distribution, dan use.

Melalui pelaksanaan PKL baik apotek maupun rumah sakit, para mahasiwa diharapkan dapat membandingkan antara teori yang telah didapatkan di bangku kuliah dengan praktek . Disamping lebih mempersiapkan para mahasiswa menghadapi dunia kerja. (NM)