STIKES Borneo Lestari turut serta memeriahkan Hari Kesehatan Nasional Ke 54

Gelaran Hari Kesehatan Nasional ke 54 dengan tema Aku Cinta Sehat dan sub tema ayo hidup sehat mulai dari kita yang diadakan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel bersama TP PKK Kalsel berhasil menyedot banyak pengunjung Setdaprov Kalsel, Minggu (18/11/2018).

Sejak pagi ribuan masyarakat datang untuk ikut senam bersama dan jalan santai. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga antusias menunggu giliran untuk ikut berpartisipasi dalam gelaran HKN. Pelajar SD dari Banjarbaru kali itu disiapkan untuk mengikuti gerakan mencuci tangan dan gosok gigi bersama.

Bersama ini juga STIKES Borneo Lestari yang ikut berpartisipasi dengan menggunakan pakaian pink hitam ini, STIKES Borneo Lestari berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan ilmu pengetahuan baru kepada masyarakat luas mengenai kesehatan dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Bahkan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah dan Sekdaprov Kalsel, H Abdul Haris M juga langsung turun bergabung dalam kegiatan bersama masyarakat.
Dalam peringatan HKN ke 54 ini terang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr H Muhammad Muslim S.Pd M.Kes ada sekitar 10 ribu orang yang turut bergabung.

HKN sendiri terangnya merupakan momentum untuk mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun semangat, kepedulian dan komitmen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
Dalam mencapai visi Indonesia sehat dan Kalsel sehat Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel terangnya lebih banyak melakukan pendekatan keluarga.

“Kita lebih mengedepankan pendekatan keluarga di mana hari ini kita hadirkan seluruh lapisan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, tenaga kesehatan, ASN, dan masyarakat umum”.

Sejak Agustus lalu tambahnya Dinas Kesehatan sudah melakukan promosi kesehatan dengan promosi pencegahan penyakit standing cakupan imunisasi hingga menghindari merokok. Promosi kesehatan ini tambahnya akan terus digelar hingga Desember nanti.

“Kami juga berterimakasih atas inisiasi dari ketua TP PKK Kalsel yang sudah mengilhami edukasi isi piringku kepada ibu hamil dan bonusnya kita mendapatkan Rekor MURI,” ujarnya.

Sementara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengharapkan agar setiap tahun selalu diadakan peringatan hari kesehatan seperti HKN ke 54.

“Diharapkan masyarakat kita memiliki derajat kesehatan yang lebih baik. Jika kesehatan optimal harapan hidup lebih panjang, anak balita lebih sehat,” ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga menyinggung agar posyandu harus tetap bergerak. Posyandu sebutnya adalah alternatif, jika pelayanan kesehatan jauh dari jangkauan.

Sementara terkait stunting ia juga meminta masyarakat agar menjaga makanan dan gizi balita agar tidak terkena stunting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *