Workshop Pembuatan Renstra dan Renop bagi Perguruan Tinggi Swasta

Berita

Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI lakukan Workshop Pembuatan Renstra dan Renop bagi perguruan tinggi swasta Kaltim, Kaltara dan Kalsel, Selasa,10 s.d 12 Juli 2018, Salah satu yang turut diundang adalah Stikes Borneo Lestari.

Acara ini diikuti sekitar 168 peserta yang dihadiri oleh Unsur Pimpinan PTS Kaltim, Kaltara dan Kalsel. Workshop pembuatan Renstra dan Renop ini diselenggarakan selama 3 hari, untuk Stikes Borneo Lestari diwakili oleh Ibu Eny Hastuti, SKM.,MPd.,MPH dan Ibu Nafila,  M. Si

“Renstra dan Renop PTS, Ini adalah jantungnya, nadinya sebuah perguruan tinggi. Renstra dan Renop merupakan pedoman sebuah PT dalam menyelenggarakan pendidikan. Renstra dan Renop bisa disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh daerah kita, agar menjadi suatu ciri khas PT kita dan dapat memberikan sesuatu pada daerah kita” Prof Idiannor Mahyudin, Koordinator Kopertis XI dalam menyampaikan sambutannya pada acara pembukaan di Samarinda, setelah sebelumnya memberikan pengarahan pada acara Sosialisasi SISTER di Balikpapan

Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta. Tantangan PT pada saat ini, paling tidak mencakup 3 hal yaitu adanya perubahan paradigma baru yang dipacu oleh Revolusi Industri 4.0, penyelenggaran PT yang bersaing untuk mencapai mutu seoptimalnya, persaingan dengan PT asing yang mulai masuk dalam bidang pendidikan tinggi di negara kita.

Untuk mengantisipasi perubahan dan tantangan tersebut, setiap PT khususnya PTS Kopertis XI harus mempunyai rencana induk pengembangan yang komprehensif. Penyusunan Renstra merupakan langkah awal yang harus dilakukan, kemudian semua program dan kegiatan dituangkan dalam Renop.

“Setiap prodi harus mengacu pada Renstra dan Renop, Setiap prodi harus mempunyai keunggulan masing masing, kita harus maju dengan ciri khas kita, kembangkan sumber daya yang ada. evaluasi Renstra dan Renop dengan memperhatikan apa kebutuhan masyarakat, pemerintah di masa depan agar PTS kita di Kalimantan menjadi pilihan masyarakat”

Acara ini akan dinarasumberi oleh narasumber yang berpengalaman dalam menyusun Renstra dan Renop dari ULM dan UIN Banjarmasin. Teknik workshop yang digunakan adalah penjelasan tentang Renstra dan Renop, praktik dan latihan pembuatan Renstra dan Renop. Diharapkan setelah diadakan wokrshop ini PTS melakukan evaluasi terhadap Renstra dan Renop yang mereka miliki, dan yang masih belum mempunyai diharapkan agar segera membuat dan menyampaikan kepada Kopertis XI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.